Author Edwinstar - -
Home » »


Cowok jadi Model


Almer dan Reza Model Batam


Hobi yang Bisa jadi Prestasi
Banyak hobi yang bisa diangkat buat jadi ajang mengejar prestasi. Kalau buat cowok, kita bisa kok bikin prestasi di bidang olahraga, musik, atau akademik. Dan buat Yousngters yang cowok, pernah nggak sih kepikiran buat jadi model?
Yup, saat ini emang banyak banget ajang pemilihan model yang diselenggarakan di Batam,Tanjungpinang, atau Karimun. Dari ajang yang menilai di bidang catwalk, fotogenik, sampai yang mengikutsertakan bakat.
Apalagi kalau Youngsters punya tubuh yang atletis dan wajah yang cakep. Bukannya mau buat bangga-banggaan lho dengan ikut-ikutan ajang seperti itu setelah kita dikasih anugerah oleh Tuhan. Tapi, anggaplah anugerah tersebut sebagai bentuk kelebihan yang harus disyukuri dan patut dikembangkan.
Karena untuk menjadi seorang model, juga nggak hanya butuh tampang cakep dan fisik yang oke aja lho. Kalau kita nggak punya kemampuan berjalan di catwalk dengan baik, kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain, serta kemampuan bergaya di depan kamera, tentu saja juri pun nggak akan memilih Youngsters untuk menang.
Jadi kalau emang niat beneran, coba deh kembangkan diri lagi. Ada dua cara, bisa belajar otodidak atau ikutan gabung di agency model. Keuntungannya belajar otodidak memang nggak membuat kita harus mengeluarkan uang buat belajar itu semua. Tapi tentunya, kita memang harus banyak belajar sendiri dari banyak cara.
Mulai dari banyak-banyak nyontek gaya pose para model yang ada di majalah, atau rajin-rajin ngelihat gaya jalan para model di catwalk lewat acara fashion show di tivi serta even-even yang sering diadakan.
Kemudian kalau sampai berkesempatan bisa ikutan ajang yang ada karantinanya, itu malah lebih baik lagi lho. Soalnya, kita bisa belajar singkat dari orang-orang yang berpengalaman secara langsung.
Sedangkan kalau belajar modelling lewat agency, juga nggak salahnya kok. Malahan, kita bisa lebih diarahin dan dibenerin kalau ada pola latihan kita yang masih kurang bener. Latihan kita pun jadi lebih rutin, terarah, dan teratur.
Nah, kalaupun modelling itu merupakan hobi Youngsters, kenapa nggak sekalian jadi ajang mengejar prestasi? Asalkan jangan saja menjadikan ajang tersebut buat gaya-gayaan atau ikut-ikutan. Hasilnya pasti nggak sebagus kalau niat awalnya ngejar prestasi lho.
Kenapa bisa begitu? Karena kalau ikut-ikutan alias latah, kita nggak bisa menyadari yang namanya arti kata ‘belajar’! Bawaannya, bisanya, cuman ikut ini itu ngejar kebanggaan, tapi akhirnya kalah karena nggak berkembang. Sedangkan kalau kita niatnya mau ngejar prestasi, kita pasti berpikir untuk selalu mencoba dan mengejar kondisi yang terus lebih baik. (ika)
Motivator Itu Penting
Banyak orang bisa sukses karena adanya dukungan dari orang lain. Bisa keluarga, pacar, teman, atau guru. Misalnya saja yang dialami sama Almer. Waktu awal-awal akan terjun ke dunia modelling, nggak jarang sodara-sodaranya datang ke rumah hanya untuk memberi tahu kalau ada lomba ini itu.
Dan di balik kesuksesan Almer dan Reza, sebetulnya ada seseorang lho yang emang jadi motivator mereka sejak awal. “Namanya Bang Erwin. Dia itu tukang pangkas aku di Bengkong. Dia banyak tahu tentang dunia modelling. Sampai-sampai kostum, gaya jalan, pokoknya gaya penampilan kita deh, dia yang ngasih masukan,” kata Reza.
Reza pun awalnya didorong oleh Bang Erwin tersebut untuk ikut-ikutan ajang modelling. Dan waktu Almer akhirnya kenal dekat dengan Reza, ikut-ikutan pangkas rambut di Bang Erwin, Almer pun jadi ketularan untuk dimotivasi ikutan ajang serupa.
Nah makanya dari cerita itu, Yousngters juga perlu lho dukungan dari orang lain. Kalaupun keluarga misalkan awalnya nggak menyetujui, coba deh untuk buktikan bahwa Youngsters bisa membuat prestasi dan kebanggaan dari ajang modelling.
Yang namanya motivator itu juga bisa lho dari idola. Coba cari tahu deh kisah-kisah sukses para model terutama model cowok, yang bisa eksis di dunia model, dan jadi panutan. Belajarlah darinya dan jadikan sang idola ini sebagai motivatormu! (ika)
Waspadai Stempel Negatif
Jadi model cewek, itu memang biasa. Sedangkan kalau cowok jadi model, biasanya kadang masih kurang bisa diterima. Dari predikat stempel cowok melambai, nggak benar, playboy, dan lain-lain deh jadinya.
Padahal, nggak seperti itu lho. Tapi meskipun nggak begitu, ternyata Almer dan Reza pernah kena imbasnya. “Iya… pernah juga sih dideketin sama yang kayak begitu itu. Kadang makanya aku ngeri aja kalau ada ajang karantina. Juri kan kadang taunya semuanya ini cowok terus disatuin. Tapi nggak tahu kalau ada yang lain,” ujar Almer.
Untuk menyiasati itu, Almer akhirnya nyelutuk untuk mending pacaran saja. “Kalau pacaran kan kita bisa ngebuktiin kalau kita normal. Sering-sering juga kumpul sampa cewek. Tapi walaupun seimbang sering kumpul sama cowok atau cewek, kadang ada juga yang kayak gitu sih,” lanjut Almer.
Demikian juga untuk menepis kesan dan stempel negatif lainnya. Makanya itu, Almer dan Reza yang memang hobi modelling ini memang benar-benar menjadikan ajang modelling juga sebagai ajang belajar dan terus mengejar prestasi. Bukan buat gaya-gayaan. (ika)
Tips sukses buat jadi model ala Reza dan Almer:
Terutama buat Youngsters cowok yang pengen nekunin dunia model, ini ada beberapa tips lho yang dikasih sama Almer dan Reza. Mau tahu tips sukses jadi model? Yuk… baca dulu ya yang berikut ini…
1. Rajin-rajin ibadah dan berdoa
Ini jawaban yang keluar dari Reza waktu pertama kali ditanya apa yang perlu dilakukan buat sukses jadi model. Eit, jangan langsung ketawa lho. Soalnya kalau kata Reza, kita nggak akan bisa sukses kalau nggak diikuti dengan rajin ibadah dan doa. Uhm, benar juga ya?!
2. Pe-De
Yang namanya pengen maju dimana-mana memang harus Pe-De. Kalau belum apa-apa udah minder yang diduluin, ya kapan bisa maju…
3. Yakin bisa
Ini kalau katanya Almer. Soalnya kalau kita yakin bisa, menurutnya kita pasti juga akan bisa.
4. Gagal itu guru yang terbaik
Almer sendiri pernah banget mengalaminya. Waktu itu ia ikutan ajang Fotogenik yang diadakan Tribun, dan nggak menang. “Uh, rasanya sakit banget waktu itu. Tapi itu malah bagus juga sih. Kalau terus-terusan menang kan nggak seru,” ujar Almer. Jadi, jangan takut gagal deh!
5. Selalu berpikir positif tentang dunia modelling
Ini sekalian bisa memacu kita untuk sekalian mau membuktikan jika dunia modelling itu nggak berarti buruk.
6. Kreatif
Jika cuman bisanya itu-itu saja dan susah buat mau berkembang, tentunya kita akan ketinggalan dengan para model baru yang selain masih fresh juga lebih kreatif mengembangkan diri. Jadi coba deh untuk kreatif mengembangkan kemampuan diri dalam bergaya dan berlenggak lenggok di atas catwalk.
7. Sering tambah referensi
Sering-sering juga tambah wawasan dengan baca-baca dan melihat foto model di majalah atau tayangan televisi yang nayangin acara fashion show. Ini bisa jadi modal utama buat Youngsters yang apalagi masih nol banget tahu dunia model dan nggak ikutan agency di mana-mana.
8. Tambah wawasan
Nggak hanya cakep wajah dan punya fisik yang oke atau tinggi, jadi model juga mesti punya otak yang ada isinya lho ya. So kalau kata Almer dan Reza, banyak-banyak deh tambah wawasan misalnya dengan baca-baca koran.
9. Latihan di depan kaca
Sekali lagi buat Youngsters yang emang nggak ikutan agency model di mana pun, bisa juga kok kita latihan sendiri. Misalnya dengan latihan di depan kaca. “Jangan malu,” imbuh Reza yang ngakunya juga suka bergaya atau sampai ngomong sendiri di depan kaca sebagai ajang latihan.
10. Jangan bergadang dan kebanyakan nonton tivi
Sedangkan untuk kiat ngejaga badan, Almer dan Reza memberikan saran juga untuk nggak sering banyak-banyak begadang atau nonton tivi. “Beneran lho, bikin badan jadi nyusut,” imbuh Almer.
Almer dan Reza sendiri sih sebetulnya ngakunya malah nggak ada lho acara rutin olahraga. Cuman, mereka paling rajin untuk basket bahkan ngecetak prestasi di beberapa ajang turnamen basket.
“Ini baru mau akan serius. Kalau dulu pernah sih kita beberapa kali renang. Dan itu efeknya beneran kelihatan di lengan yang jadi kelihatan lebih besar,” ujar Almer dan Reza. (ika)


Harus Baca Buku Setumpuk
Bruk! Satu tumpuk bundelan-bundelan kertas dan sebuah buku tebal diletakkan Reza di atas meja. “Segini banyaknya ini yang aku harus pelajari,” katanya kepada Almer dan Tribun.
Kontan saja Tribun dan Almer langsung menanggapi dengan tersenyum geli. Apalagi Almer yang juga sama dengan Reza, baru saja menghadapi ujian UAN dan UAS. “Iya nih, maunya habis ujian istirahat. Eh, jadinya belajar lagi deh,” katanya ikut-ikutan tersenyum geli.
Tapi biarpun capek, Reza tetap semangat kok buat melahap semua bacaan wajib yang harus dibacanya dalam rangka persiapan Teruna Dara, ajang Duta Wisata untuk tingkat Provinsi Kepri. Padahal sebelum mengikuti ajang tersebut, ia sempat berpikir untuk mundur dari dunia modelling.
“Soalnya guru-guru aku yang nyuruh ikut. Ya udah, akhirnya ikut juga dan mikir biarin deh, ini yang terakhir. Waktu ikutan itu juga nggak ada kepikiran berusaha buat jadi juara satu. Pokoknya asal ikut saja,” ujar Reza yang menganggap dunia modelling adalah sebagai hobi.
Eh, ternyata ketika ikutan, malah dapat juara satu dan menyandang gelar Encik Batam. Karena itu juga, Reza berniat untuk serius memerankan Encik Batam hingga satu tahun mendatang.
Bahkan, rela sampai nggak ngambil kuliah di luar Batam seperti Almer lho. “Habisnya sayang nanti kalau harus bolak balik. Lagian kalau jadi Encik Batam kan bisa jalan-jalan ke mana-mana,” katanya sedikit bercanda.
Keikutsertaan Reza terjun di dunia model diawalinya ketika ia berada di bangku SMP kelas tiga. Waktu itu, ia dimotivasi oleh seseorang yang akhirnya hingga kini menjadi orang yang turut berjasa dalam kesuksesan dirinya dan juga Almer di dunia modelling.
Maka dari ajang-ajang modelling inilah, Reza sedikit demi sedikit akhirnya belajar tentang modelling itu sendiri. Bukan melewati agensi model. “Kita ini freelance aja,” celutuk Reza.(ika)
Biodata
Nama: Reza Mardian
Tempat tanggal lahir: Batam, 5 Maret 1989
Hobi: Basket Ball, Renang
Sekolah: SMK Kartini Kelas III Ak.Perhotelan
Prestasi:
-Juara 3 Valentine Roadshow
-Juara 3 Grand Opening Matahari MM
-Juara Personality Starz Model Search 2005
-Juara 2 Starz Model 2005
-Juara Favorite Superblock Imperium Batam
-Juara 2 Photogenic Kepri 2005
-Juara I Aneka Yess!! Batam 2005
-Juara Harapan 1 BCS Fashion Show 2005
-Juara I Encik Puan Kota Batam tahun 2007
-Juara 2 Basket NUVO Crashbone
-Juara I Kategori Pria Remaja Contoh Management MM
Dimarahin Guru Setelah Menang
Meskipun pulang ke Batam menyandang gelar Model Indonesia untuk The Best Catwalk di tingkat Kepri, bukan berarti Almer lantas bisa langsung berbangga hati. Karena ternyata ketika keesokan harinya ia ke sekolah, ia sempat dimarahi oleh gurunya.
“Gara-garanya itu kan memang mepet sekitar UAN kemarin. Jadi pas saya izin untuk karantina, ternyata ada ulangan di sekolah,” ujar cowok yang tinggal menunggu pengumuman kelulusan untuk bisa terbang menuntut ilmu di Universitas Brawijaya Malang jurusan Administrasi Niaga karena telah berhasil melewati jalur PMDK.
Seperti Reza, Almer pun awalnya memang telah memutuskan untuk meninggalkan dunia modelling. Apalagi saat itu, ia dan Reza harus menempuh rangkaian ujian kelulusan di tingkat SMA.
“Tapi waktu itu ada teman saya yang ngedesak nyuruh ikutan. Katanya sih sekalian ada temannya. Kalau orangtua sendiri sebetulnya terserah saja, cuman minta fokusin ke sekolah. Ya udah deh akhirnya ikutan. Apalagi kan jarang-jarang tuh ada even yang ada karantinanya,” ujar Almer yang juga menganggap dunia modelling itu adalah hobi.
Di ajang tersebut, Almer memang ditempa lagi kemampuan modellingnya. Dan ketika tahu dari Ramli, juri dari ajang tersebut, bahwasanya Luna Maya dan Zack Lee merupakan jebolan Model Indonesia, Almer pun jadi makin bersemangat.
“Katanya Ramli, Model Indonesia kemarin itu memang yang pertama ada model karantina di daerah. Biasa-biasanya cuma diadakan di Jakarta saja. Aku saja awalnya menganggap, ah, paling kayak lomba biasa saja. Nggak tahu juga malahan kalau nantinya yang menang diminta mewakili Kepri ke Jakarta. Jadi pas tahu, ya kaget,” ujar Almer yang tanggal 1 Juli mendatang akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti ajang Model Indonesia di tingkat nasional.
Sulung dari tiga bersaudara ini awalnya bisa terjun ke dunia modelling setelah mengenal Reza. Dari mengikuti beberapa ajang kegiatan, Almer pun jadi sedikit demi sedikit bisa belajar tentang modelling. Apalagi dengan tinggi badan yang memang mendukung.
“Udah dari lama sih dulu itu banyak yang nyuruh ikutan model. Sampai-sampai sodara itu sering banget datang ke rumah buat nunjukin pengumuman lomba-lomba begituan. Cuman kalau pas dengar, wah model? Kesannya wah banget. Jadi males ah ikutan,” kata Almer yang rupanya akan menulari hobinya tersebut kepada kedua adik perempuannya. (ika)
Biodata
Nama: Almer Mohnezir
Tempat tanggal lahir: Batam, 5 November 1988
Hobi: Basket, Berenang, Baca, Marching Band
Sekolah: SMAN 1 Batam kelas III IPS 2
Prestasi:
-Juara II Be A Model Aneka Yess 2005
-Juara I Starz Model Search 2005
-Mr Charm Starz model Search
-Juara I Lomba TFC Centre Point 2006
-Juara II Fashion Show BCS 2006
-Juara King Superblock Imperium 2005
-Juara I Pemilihan Top Model Batam Hotel Royal 2006
-Juara I SMA 3 3point Contest
-Juara 3 Basket Piala Telkomsel
-Juara 2 Basket SMA 5 Cup
-Juara 2 Basket Nuvo Crashbone
-Juara 3 Libala bersama SMANSA
-Juara I band tingkat SMAN 1 Batam
-Juara I Model Indonesia Kategori Catwalk Kepulauan Riau 2007


Diberdayakan oleh Blogger.