6 Tips Menatap Mata Yang Baik

Author Edwinstar - -
Home » » 6 Tips Menatap Mata Yang Baik


Menatap mata memang suatu seni tersendiri. Menatap dengan enak dan tepat sesuai tujuan jelas bukan sesuatu hal yang mudah. Malam tadi, pertanyaan yang menggelitik terdengar dari suara belakang tempat duduk yang saat itu gue lagi nyetir di tengah hujan yang sangat deras. Topik yang membahas mengenai pandangan mata. Bagaimana sih cara menatap mata yang baik agar tatapan kita tidak disalah artikan.

Sebelumnya, kalian harus tahu dulu bahwa tatapan mata itu banyak mengandung makna tersendiri. David Hancoock, salah satu peserta di New York, bercerita bahwa ketika memandang mata orang lain ia merasa dapat bercakap melalui ekspresi yang ia tangkap dalam pandangannya. Lalu ada juga, Ryan Parks, seorang analis dana asuransi, mengungkapkan pengalaman senada, “kenapa kamu bersedih atau kenapa kamu optimis? Kamu membuka pertanyaan-pertanyaan semacam ini ketika melihat kedalaman mata seseorang di hadapanmu, ” ujarnya.
Dan masih banyak lagi tentang pandangan mata. Mungkin seperti sebuah pepatah yang sering kita dengar, ” dari mata turun ke hati”. Alah, hehehe. Menatap mata dapat dipraktikkan bukan saja dalam hal mencari teman kencan tapi juga dalam bisnis dan dalam kehidupan sehari-hari lainnya.
Beberapa tips berikut ini bisa dipraktekkan untuk mendapatkan sorot mata yang dapat membuat kita berhasil dalam kencan dan bisnis :
1. Saat berjalan di siang hari lihatlah mata setiap orang yang berjalan ke arah kita sekitar kurang dari sedetik, lantas beralihlah. Upayakan kalian mengetahui warna matanya.
2. Berlatihlah kontak mata yang lebih lama dengan para pelayan restoran, pekerja bank, kasir dan para pekerja lain di bidang pelayanan. Lakukanlah dengan hormat dan ramah.
3. Di semua kasus, pertahankanlah wajah netral dan pandangan yang lembut. Kalian tidak inginkan orang berpikir kalian bermaksud merampok mereka?
4. Fokus pada mata mereka, dan pastikan kalian hanya berkedip sekali-kali. Kalau berkedip terus menerus ntar dikira psikopat dan membuat orang tidak nyaman. :)
5. Dalam percakapan kita harus fokus untuk memelihara kontak mata saat berbicara. Ini agak sulit, sebab biasanya kontak mata dilakukan saat kita mendengarkan cerita.
6. Berlatihlah dengan orang asing yang lebih besar atau lebih percaya diri dibandingkan kalian. Apabila dihardik orang karena melihat mata ke mata mereka dengan intens, tersenyumlah dan katakan, “Maaf, anda mirip teman lama saya.”

Diberdayakan oleh Blogger.